7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang

Sayuran dan Rempah –  Tren bercocok tanam di rumah menjadi salah satu hobi baru yang digemari selama #dirumahaja. Bukan hanya sekadar mengisi waktu luang, hitung-hitung menanam sayuran, buah, hingga rempah bisa menjadi tambahan stok bahan makanan.

Bila sudah tumbuh subur, kamu bisa memanennya untuk dikonsumsi sebagai makanan atau bumbu masakan tambahan. Jadi lebih hemat, kan?

Sayangnya, bercocok tanam merupakan hal yang susah-susah gampang. Tak sedikit dari mereka yang mencoba kemudian menemui kegagalan di awal, dan berujung putus asa.

Tak perlu khawatir, buat kamu daftar s128 pulsa para petani pemula rumahan, cobalah menanam sederet sayuran atau rempah berikut. Selain lebih mudah ditanam, juga minim kegagalan. Yuk, langsung dicoba!

1. Daun bawang

1. Daun bawang - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Daun bawang merupakan tanaman yang paling cepat tumbuh kembali. Kamu juga enggak perlu repot-repot menyediakan media tanam khusus, cukup botol kaca dan air. Pastikan daun bawang yang hendak kamu tanam kembali masih memiliki akar dan sudah tumbuh tunas kecil. Jangan lupa untuk mengganti airnya setiap dua hingga tiga hari sekali supaya tidak membusuk.
Selain daun bawang, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menumbuhkan kembali leek (sejenis daun bawang namun ukurannya lebih besar).

2. Selada

2. Selada - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Sama halnya dengan menanam daun bawang, siapkan gelas atau stoples kaca dan isi dengan 3/4 air. Kemudian, masukkan sisa potongan selada yang masih memiliki akar ke dalamnya. Bedanya, ketika daun mudanya mulai tumbuh kamu perlu memindahkannya ke media tanam baru yakni tanah.

3. Seledri

3. seledri - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Meski tampak mirip dengan daun bawang, tapi cara menanam seledri yang tepat persis seperti menumbuhkan kembali selada. Usai menguatkan akarnya dalam air dan gelas kaca, segera pindahkan ke tanah agar bisa tumbuh subur.

Baca juga: Makanan yang Dapat Menghancurkan Lemak di Tubuh

4. Daun ketumbar

4. ketumbar - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Nah, untuk daun ketumbar cara menanamnya cukup seperti menumbuhkan daun bawang. Kamu perlu memasukkan batang daun ketumbar yang masih memiliki akar dalam gelas kaca, lalu letakkan dekat jendela.
Supaya bisa tumbuh subur, sesekali letakkan di luar ruangan agar terkena sinar matahari pagi.

5. Serai

5. Sereh - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Buat kamu yang suka meminum teh serai, enggak perlu repot membelinya lagi, tanam saja sendiri di rumah. Caranya, pilih serai yang sudah mengeluarkan tunas atau daun muda baru. Lalu, letakkan dalam gelas kaca berisi air.
Memang ketika di tanam serai akar serai tak langsung terlihat seperti menanam seledri dan daun bawang. Dengan merendamnya dalam air, perlahan akar serai akan muncul. Jika sudah terlihat akarnya, segera pindahkan ke tanah, ya. Siramlah dua hari sekali agar serai segar dan tumbuh subur.

6. Sawi

6. sawi - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Kamu juga bisa menanam sawi hijau ataupun putih dengan bantuan air dan stoples bening. Caranya sama dengan ketika menanam selada. Ketika sudah muncul daun muda, pindahkan sayuran ini ke tanah. Jangan lupa untuk menyiramnya dua hari sekali agar sawi tetap segar.

7. Bawang-bawangan

7. bawang2an - 7 Sayuran dan Rempah yang Dapat Ditanam Ulang di Rumah

Terakhir, kamu bisa menanam bawang merah, ataupun putih sendiri di rumah. Caranya memang agak sedikit berbeda, potong setengah bagian bawang yang ujungnya agak lancip. Siapkan media tanam tanah, tancapkan setengah bagian bawang yang masih memiliki akar, lalu tutup kembali dengan tanah.
Siramlah dua hari sekali namun cukup hanya hingga tanahnya lembab saja. Pastikan juga kamu menyimpannya di area luar yang sejuk; jangan yang terlalu terkena matahari langsung.

Sumber: Kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *