Burnout? Coba Lakukan 5 Aktivitas Ini untuk Tingkatkan Hormon Bahagia Dirimu

Burnout? Coba Lakukan 5 Aktivitas Ini untuk Tingkatkan Hormon Bahagia Dirimu

Burnout? Coba Lakukan 5 Aktivitas Ini untuk Tingkatkan Hormon Bahagia Dirimu

Apakah kamu sudah familier dengan istilah burnout yang terjadi akibat pekerjaan? Sederhananya, burnout adalah sebuah fase di mana kamu mengalami kelelahan secara fisik, mental, dan emosional akibat stres berat yang berkepanjangan. Lalu apa penyebab dari burnout itu sendiri? Salah satunya yang sering terjadi karena pekerjaan.

Ketika kita mengalami stres, produksi happy hormones seperti serotonin, dopamin, endorfin, dan oksitosin, akan mengalami pengurangan. Padahal, sejatinya kamu membutuhkan hormon-hormon tersebut untuk membuat kondisimu lebih baik secara fisik, mental, dan emosional, serta menghindari stres berkepanjangan di masa yang akan datang. Lalu, apa saja hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Di lansir dari laman taupier.net, berikut ini beberapa penjabarannya.

1. Cobalah beraktivitas di luar ruangan, berjalan misalnya

Di kutip dari laman Download IDNPlay, untuk kamu yang menghabiskan lebih banyak waktu kerja di dalam ruangan, keluar dari ruangan kerja untuk sekadar berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa menjadi aktivitas sederhana untuk meningkatkan produksi serotonin dan endorfin. Serotonin merupakan hormon yang berpengaruh dalam pengaturan mood, sedangkan endorfin berfungsi sebagai pereda nyeri. Untuk itu, aktivitas di luar ruangan selama 10-15 menit dapat memperbaiki mood dan membuat tubuh terasa lebih segar.

Kalau lingkungan rumahmu kurang mendukung untuk beraktivitas di luar ruangan, cobalah pergi ke taman kota atau alun-alun untuk sekadar berjalan santai. Kamu mungkin butuh waktu sendiri untuk sekadar memberi jeda dari sibuknya pekerjaan dengan menghirup udara segar di pagi hari.

2. Luangkan waktu untuk olahraga di minggu ini

Kapan terakhir kali kamu olahraga? Wah, kalau kamu sudah tak ingat kapan, maka ini waktu yang tepat untuk kembali ke studio senam langgananmu, atau gym terdekat dari kantor, atau mungkin lapangan luas di kompleks perumahanmu. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga juga dapat meningkatkan produksi endorfin, serotonin, dan dopamin. Dopamin yang di sebut juga sebagai ‘feel-good’ hormone dapat memberikan efek kesenangan melalui aktivitas motorik yang di lakukan dalam olahraga.

Supaya aktivitas olahragamu lebih menyenangkan, coba untuk lakukan olahraga bersama teman-teman dekatmu. Hadirnya mereka tentu akan membuat sesi olahraga lebih menyenangkan. Yuk, mulai siapkan sepatu olahragamu!

3. Cobalah manjakan dirimu dengan makan siang yang kamu suka

Apakah selama bekerja ini kamu hanya makan siang seadanya dan yang penting kenyang? Sepertinya untuk makan siang kali ini kamu harus mencoba untuk pilih menu makan siang yang sesuai dengan selera kamu nih! Memasak makanan sendiri ataupun pesan di layanan pesan antar tidak jadi masalah, yang penting kamu dapat menikmati makanan yang kamu suka sehingga secara natural tubuh akan meningkatkan produksi ‘happy hormones’.

Sebagian besar serotonin di produksi di dalam saluran pencernaan, untuk itu konsumsi makanan yang mengandung Triptofan dapat membantu meningkatkan produksi serotonin. Triptofan merupakan senyawa asam amino yang dapat di ubah menjadi serotonin dalam tubuh. Triptofan dapat di temui dalam makanan tinggi protein seperti daging, ayam, dan ikan.

4. Pergi ke tempat spa dan pijat bisa jadi pilihan menarik

Badan sudah mulai pegal-pegal karena terlalu lama duduk di depan komputer? Cobalah relaksasi dengan spa dan pijat untuk melemaskan otot-otot yang tegang akibat stres tersebut. Pijatan yang di berikan terapis dapat meningkatkan produksi keempat ‘happy hormones’ dalam tubuh loh! Belum lagi aromaterapi dan wangi-wangian yang di gunakan juga bisa membuat tubuhmu lebih tenang.

5. Rencanakan kencan romantis dengan pasanganmu bisa jadi sangat membantu

Kencan romantis berupa makan malam bersama, menghabiskan waktu untuk menonton film terbaru, berpegangan tangan, dan aktivitas lainnya yang melibatkan kontak fisik dapat meningkatkan produksi happy hormones terutama oksitosin. Oksitosin atau yang di kenal sebagai hormon cinta akan terangsang jika kamu melakukan aktivitas dengan orang yang kamu sayangi. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan kedekatan, keintiman, dan kesenangan yang tentu berdampak baik untuk mengurangi stres.

Untuk kamu yang masih single, tak perlu khawatir, kamu juga bisa meningkatkan produksi oksitosin dengan melakukan kontak fisik dengan keluarga terdekat atau bahkan hewan peliharaan kesayanganmu. Bermain sejenak dengan anjing atau kucing yang menggemaskan bisa membantumu rileks dan melepas stres dari tumpukan pekerjaanmu.

Hal sederhana seperti meluangkan waktu 10 menit untuk beraktivitas di luar ruangan ternyata bisa membuatmu lebih bahagia. Kira-kira aktivitas mana nih yang mau kamu lakukan duluan?